ANALISIS PROSES BISNIS GO INDONESIA
Sistem Informasi untuk Operasi
Bisnis
- Transaction Processing Systems
Pengertian
:
Transaction
processing systems (TPS) yaitu berfungsi untuk mencatat dan memproses data
hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan
persediaan. TPS sendiri menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan
internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek
gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening
keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk
diproses lebih lanjut oleh sistem informasi.
Analisa :
Sistem pembayaran Gojek masuk ke
dalam kategori Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi
sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di gojek.
Transaksi disini termasuk dalam perhitungan biaya perjalanan, penambahan gojek
kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan
jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan Gojek itu sendiri.
Booking order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan
informasi dari pengguna seperti penentuan lokasi awal atau penjemputan dan
lokasi tujuan.
2.
Process
Control Systems
Penjelasan
:
Process
control system (PCS) merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga
proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan
harus sesuai dengan langkah – langkah yang telah ditetapkan dari awal.
Analisa :
Semua proses pemesanan / booking merupakan bagian dari sistem informasi
dimana langkah yang dilakukan bertahap sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.
Ini merupakan fungsi dari Process control system.
3.
Enterprise
Collaboration System
Penjelasan
:
Enterprise
collaboration systems (ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk
meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari
operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan koordinasi dan
pertukaran informasi di internal perusahaan maupun dengan costumer.
Analisa :
Untuk memudahkan koordinasi dan pertukaran informasi pada internal
perusahaan, Gojek menghubungkan seluruh cabang di berbagai daerah kedalam suatu
jaringan. Sedangkan untuk menciptakan kenyamanan pelanggan, Gojek memberikan
informasi mengenai identitas atau data diri driver atau suksesor layanan
lainya, baik nama, foto, begitu pula sebaliknya, driver megetahui nama serta no
HP costumer, sehingga costumer dan driver bisa saling berkomunikasi dengan
mudah secara langsung.
Sistem Informasi untuk Pengambilan
Keputusan Manajemen
- Management Information Systems
Penjelasan
:
Management
information systems (MIS) menyediakan laporan informasi
bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari data yang dihimpun
dari operasi bisnis. MIS menyajikan informasi yang detail dan rangkuman
informasi pilihan. MIS berguna untuk efisiensi operasional
Analisa :
Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship management,
adalah bentuk sistem informasi pada Go-Jek yang memudahkan pihak manajemen
mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan transaksi dari
user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.
2.
Decision
Support Systems
Penjelasan
:
Decision
support systems (DSS) merupakan langkah selanjutnya dari MIS dan TPS. DSS
adalah sistem informasi yang menggunakan model keputusan dan data khusus untuk
membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen. Gunanya untuk mendukung
pihak manajemen untuk memecahkan masalah tertentu dengan tepat.
Analisa :
Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data
sebelumnya menjadi acuan manajer Go-Jek sebagai bahan keputusan untuk
memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau
suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.
3.
Executive
Information Systems
Penjelasan
:
Executive
information systems (EIS) adalah tipe sistem informasi yang sesuai untuk
kebutuhan informasi bagi manajemen eksekutif. Tujuannya menyediakan dengan
akses yang mudah dan cepat, tentang informasi selektif faktor-faktor kunci
dalam menjalankan tujuan strategis perusahaan bagi manajemen eksekutif.
Kemudian memberikan kebijakan perusahaan secara umum atau kebijakan yang
diperuntukan pada level di bawah, yang kemudian akan di terjemahkan lebih
spesifik oleh level di bawahnya dalam sistem informasi.
Analisa :
Dalam EIS, eksekutif Go-Jek memanfaatkan sistem informasi untuk
menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran
Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama
dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan
agar dapat bersaing.
No comments:
Post a Comment